Politeknik Negeri Banyuwangi Antusias dalam Gerakan 1 Kantung Darah



Tinta-Selasa, 8 September 2015 Korps Sukarelawan Remaja (KSR) Politeknik Negeri Banyuwangi (POLIWANGI) mengadakan kegiatan Donor Darah yang rutin dilaksankan selama 3 bulan sekali. Acara ini sudah terlaksana sebanyak 4 kali dengan dukungan serta kerjasama antara UKM KSR dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi. Untuk Donor darah kali ini panita berhasil mengumpulkan sebanyak 87 kantung darah sesuai dengan target yang diharapkan. Menurut ketua panitia, minat pendonor sangat banyak, namun tidak memenuhi kriteria yang ada, seperti berat badan yang tidak mencukupi, tensi darah yang rendah, serta kondisi tubuh yang kurang sehat. Panitia juga memberikan bingkisan kepada para pendonor sebagai tanda terimakasih atas antusiasme para pendonor.
Antusiasme pendonor bukan hanya dari mahasiswa dan mahasiswi, tetapi juga para civitas akademik POLIWANGI. Mereka mendukung penuh kegiatan mulia ini. Kegiatan ini mengundang sedikit humor, karena pendonor yang baru pertama kali melakukan donor darah merasa ketakutan dengan jarum yang akan digunakan untuk pemeriksaan dan pengambilan darah. Mereka sempat merasa kaget ketika pengambilan sampel darah. Setelah melalui pemeriksaan golongan darah, kegiatan pengambilan darah mulai dilakukan, dan pada proses ini pendonor lebih terlihat tenang.
Reaksi setelah melakukan donor darah, pendonor akan merasakan pusing dan mual. Hal ini wajar dialami karena tekanan darah yang baru keluar menimbulkan reaksi langsung ke tubuh. Semoga kegiatan mulia ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi penerima dan pendonor darah. (Weni/Indah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi UMPN 2015 Politeknik Negeri Banyuwangi

Visi Misi UKM Pers Mahasiswa Poliwangi